Faktor penentu service quality yang
dirangkum ke dalam lima faktor dominan
atau lebih dikenal dengan istilah SERVQUAL, yaitu reliability, responsiveness, assurance,
empathy, dan tangible.
Kemampuan untuk memberikan jasa yang dijanjikan dengan handal dan akurat. Dalam arti luas, keandalan berarti bahwa perusahaan memberikan janji-janjinya tentang penyediaan, penyelesaian masalah, dan harga. Jika dilihat dalam bidang usaha jasa asuransi, maka sebuah layanan yang handal adalah ketika seorang agent asuransi mampu memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan dan membantu penyelesaian masalah yang dihadapi oleh nasabah dengan cepat.
2. Responsiveness
Kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Dimensi ini menekankan pada perhatian dan ketepatan ketika berurusan dengan permintaan, pertanyaan, dan keluhan pelanggan. Kemudian jika dilihat lebih mendalam pada layanan yang cepat tanggap di sebuah asuransi, bisa dilihat dari kemampuan agent asuransi yang cepat memberikan pelayanan kepada nasabah dan cepat menangani keluhan mereka.
Kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat. Dimensi ini menekankan pada perhatian dan ketepatan ketika berurusan dengan permintaan, pertanyaan, dan keluhan pelanggan. Kemudian jika dilihat lebih mendalam pada layanan yang cepat tanggap di sebuah asuransi, bisa dilihat dari kemampuan agent asuransi yang cepat memberikan pelayanan kepada nasabah dan cepat menangani keluhan mereka.
3. Assurance
Pengetahuan,
sopan santun, dan kemampuan karyawan untuk menimbulkan keyakinan dan kepercayaan.
Dimensi ini mungkin akan sangat penting pada jasa layanan yang memerlukan
tingkat kepercayaan cukup tinggi. Contohnya seperti di bank, asuransi, dan
dokter. Oleh karena itu dalam sebuah jasa asuransi, kepastian menjadi hal yang
sangat penting untuk dapat diberikan kepada nasabahnya seperti jaminan keamanan
dan kemudahan di dalam mengikuti program asuransi.
4. Emphaty
Kepedulian dan perhatian secara
pribadi yang diberikan kepada pelanggan. Inti dari dimensi empati adalah
menunjukkan kepada pelanggan melalui layanan yang diberikan bahwa pelanggan itu
spesial, dan kebutuhan mereka dapat dimengerti dan dipenuhi. Dalam menjaga
hubungan baik, tentu saja layanan yang diberikan oleh para agent harus dapat menunjukkan kepedulian mereka kepada nasabah.
5. Tangible
Berupa penampilan fasilitas fisik, peralatan, staff dan
bangunannya. Dimensi ini menggambarkan
wujud secara fisik dan layanan yang akan diterima oleh konsumen. Contohnya seperti
fasilitas kantor, kebersihan dan kenyamanan ruang yang digunakan untuk
transaksi serta kerapian penampilan agent.
Daftar
Pustaka :
Parasuraman, A., Zeithmal, V.A &
Berry, L.L., (1988), SERVQUAL: A
Multiple-item scale for measuring
consumer perceptions of service quality,. Journal of Retailing, 64 (Spring), p. 12-40.
No comments:
Post a Comment