Cari Blog Ini

Monday, April 10, 2017

Tingkat Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan dalam perusahaan dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu keputusan strategis, keputusan taktis dan keputusan teknis (Davis & Cosenza, 1993 : 56).  

Keputusan strategis adalah keputusan yang menentukan arah kegiatan perusahaan dalam jengka panjang. Keputusan ini pada umumnya bersifat umum dan berisi garis besar kebijakan bisnis. Sejalan dengan kegunaan dari keputusan strategis, yaitu untuk kehidupan jangka panjang perusahaan, keputusan ini lebih berorientasi kepada keadaan masa mendatang daripada keadaan sekarang. Manajemen lebih memerlukan banyak informasi eksternal untuk menyusun keputusan ini. Contoh dari keputusan strategis antara lain adalah penentuan diversifikasi produk, penentuan produk perusahaan, penentuan lokasi pabrik perusahaan, dan lain sebagainya.

Keputusan taktis merupakan implementasi dari keputusan strategis, keputusan ini berorientasi kepada kegiatan operasional jengka pendek. Pada tingkat ini, perencanaan dan pengendalian memegang peran utama. Data historis dari perusahaan serta infoemasi internal yang bersifat deskriptif lebih banyak diperlukan untuk keputusan taktis. Contoh dari keputusan ini antara lain adalah alokasi anggaran, optimasi pembelian bahan baku, serta berbagai macam keputusan jangka pendek yang lain. 

Keputusan teknis adalah keputusan untuk kegiatan rutin sehari-hari, berhubungan dengan pengendalian untuk kegiatan tertentu. Informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan ini adalah data historis dan deskriptif dari kegiatan yang baru saja dilakukan perusahaan. Informasi internal, kalaupun diperlukan, paa umumnya tidak akan banyak. Beberapa contoh keputusan teknis adalah pengendalian kualitas, skedul produksi, transportasi, dan sebagainya. 

Sumber : Kuncoro, Mudrajat, 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat, Jakarta, Erlangga. 

1 comment: