Tujuan bisnis kreatif dan inovatif pada suatu organisasi/perusahaan/personal dapat kita lihat dari berbagai macam kepentingan, baik owner, investor, pesaing, supplier, vendor, karyaawan, konsumen, masyarakat umum maupun pemerintah.
Pada umumnya tujuan bisnis kreatif dan inovatif didirikan tidak lain hanya profesional pada profit oreinted semata, namun keseluruhan tujuan bisnis kreatif dan inovatif, meliputi:
- Profit dan fokus.
- Pengadaan barang dan jasa layanan.
- Kesejahteraan bagi pemilik faktor produksi dan masyarakat.
- Full Employment.
- Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang (waktu yang lama).
- Kemajuan dan pertumbuhan.
- Prestasi.
- Competitive dan competitiveness (berdaya saing).
Tujuan lain yang dicapai oleh pelaku bisnis kreatif dan inovatif, adalah:
a. Ingin selalu untuk mencukupi berbagai kebutuhannya.
b. Untuk memakmurkan keluarga (kesejahteraan).
c. Ingin namanya dikenal banyak orang dan masyarakat.
d. Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga.
e. Ingin mencoba menciptakan nilai dan hal baru
f. Ingin memanfaatkan waktu luang.
g. Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
h. Ingin mendapatkan simpati.
Manfaat utama bisnis kreatif dan inovatif adalah memperolah kompetisi, daya saing dan keuntungan (nilai tambah) khususny dalam bentuk materi (uang) dan non materi. Berikut beberapa manfaat bisnis kreatif dan inovatif, antara lain:
- Memperoleh penghargaan/pengakuan: Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis dengan kreatif. Dengan adanya bisnis yang menghasilkan dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat dan akan memberikan kita pengakuan positif dari masyarakat itu sendiri.
- Kesempatan untuk menjadi bos bagi diri sendiri: kapan bagi kita dapat menjadi bos untuk diri sendiri kalau bukan di bisnis kreatif yang anda rintis dan buat sendiri. Dengan berbisnis, kita menjadi penentu dan pemimpin dari bisnis kreatif besar kecilnya bisnis kreatif akan ditentukan oleh kemampuan kita menjadi bos.
- Menggaji diri sendiri: Enak bukan, kita tentukan penghasilan kita sendiri. Itulah menfaat membangun bisnis kita. Jumlah penghasilan dan juga sumber penghasilan anda, kita yang tentukan.
- Atur waktu sendiri: Jam kerrja kita, kita yang atur. Itulah manfaat berbisnis yang keren. Bila menjadi pembisnis, jam kerja menjadi lebih fleksibel.
- Masa depan yang lebih cerah: bisa dikatakan kitayng atur, semakin kita gigih dan semangat berbisnis, kita akan memiliki masa depan yang cerah dan menjanjikan.
Fungsi utama dari bisnis kreatif yang inovatif adalah menciptakan nilai tambah pada suatu produk barang dan / atau jasa dengan cara:
a. Bisnis kreatif dan inovatif berfungdi untuk mengubah bentuk bisnis (form utility), yang tidak lain dari fungi produksi dan jasa layanan (services).
b. Bisnis kreatif dan inovatif berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungi distribusi (supply chain management).
c. Bisnis kreatif dan inovaif mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan.
d. Bisnis kreatif dan inovatif berfungsi menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungi pemasaran.
Dalam dunia perekonomian globalisasi, bisnis kreatif dan inovatif memiliki sifat-sifat (karakteristik), yaitu:
- Lembaga atau institusi atau organisasi sosil, budaya, politik dan ekonomi.
- Berhubungan dengan berbagai produk barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan manusia (pelanggan).
- Mencari laba, profit atau keuntungan (material dan non material).
- Menentukan harga yang sesuai (kompetitif dan berdaya saing).
- Akan ada kemungkinan mengalami kerugian (risiko bisnis).
- Mengalami persaingan yang sehat dan competitiveness (daya saing).
- Bila terjadi mis-manajemen (tidak profesional) dalam pengelolaan bisnis, maka tunggulah kehancurannya.
Sumber: Rahayu, Sudi. dan Soedarso, Sri Widodo. (2016), Bisnis Kreatif dan Inovatif di Era Globalisasi, Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari
No comments:
Post a Comment